Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
BABINSA PENDAMPINGAN VAKSINASI COVID19 DI PUSKESMAS SEWON 1
PENDOWOHARJO SEWON ,Selasa 2/2/2021 Babinsa Pendowoharjo Serda Hendro mendampingi vaksinasi COVID-19 sudah dimulai hari ini Selasa 2 Februari 2021 di wilayah puskesmas Sewon (1) satu Hal tersebut menandakan dimulainya vaksinasi untuk tenaga kesehatan puskesmas satu Sewon sebanyak 25 orang dan klinik ibnu Abas sebanyak 9 orang dengan jumlah keseluruhan 34 orang, jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dilakukan di setiap fasilitas kesehatan mulai dari rumah sakit hingga Puskesmas, tak terkecuali Puskesmas Sewon 1 (satu) , ungkapnya.Tenaga kesehatan di Puskesmas Sewon 1 (satu) berjumlah 60 an orang. Sementara setelah eksklusi karena komorbid menjadi 50 an orang tenaga kesehatan yang dapat menerima vaksinasi.

Vaksinasi dilakukan bertahap selama empat hari kerja mulai Selasa 2/2/2021 sampai Sabtu 6 /2/2021, terangnya.“Direncanakan perhari 20 tenaga kesehatan yang divaksinasi. Mereka diberikan 2 dosis. Dosis keduanya nanti setelah 14 hari terhitung dari pemberian vaksinasi pertama,” kata Kepala Puskesmas Sewon 1 dr. Endar .Tahapan vaksinasi dilakukan melalui 4 meja, antara lain meja 1 pendaftaran, meja 2 Skrining, meja 3 Vaksinasi, meja 4 Observasi. Vaksinator yang bertugas sebanyak 5 sampai 6 orang yang terdiri dari dokter, bidan, perawat.Secara total jumlah vaksin COVID-19 untuk tenaga kesehatan di Kecamatan Sewon 1 400 dosis vaksinasi sesi pertama. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang menerima vaksin baik yang bertugas di Puskesmas maupun di rumah sakit. 

Vaksin untuk sesi kedua akan dikirimkan menjelang pelaksanaan vaksinasi kedua.dr. Endar menambahkan tidak ada keluhan dari tenaga kesehatan yang divaksinasi di hari pertama pada Selasa 2/2/2021. Jika timbul dampak setelah divaksinasi, para tenaga kesehatan diimbau segera lapor ke fasilitas kesehatan terdekat.Vaksinasi COVID-19 disambut baik oleh tenaga kesehatan. Salah satu dokter internship yang bertugas di puskesmas Sewon 1mengaku dengan vaksinasi tersebut dapat mencegah penularan.“Optimis ini (vaksinasi) untuk pencegahan. Selain itu untuk protokol kesehatan kita harus tetap ikuti,” katanya usai divaksinasi.

Ia mengatakan tidak ada kekhawatiran terhadap vaksin yang diberikan karena telah melalui tahap uji coba dah hasilnya tidak ada hal-hal yang menimbulkan keresahan dan tidak ada yang harus dikhawatirkan.“Masyarakat harus tahu kalau COVID-19 memang ada dan dampaknya nyata dirasakan. Vaksinasi menjadi upaya yang baik untuk mencegah penularan,” ucap dr. Endarwati tersebut, pungkasnya.
2021-02-02
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul