Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
BABINSA BERSINERGI DENGAN PAMONG KALURAHAN UNTUK PENYIAPAN SHELTER PASIEN COVID19
PENDOWOHARJO SEWON  ,Selasa 2/2/2021 Babinsa Pendowoharjo Serda Hendro bersama Pamong Kalurahan Pendowoharjo bersinergi menyiapkan Shelter bagi warga Pendowoharjo yang terinfeksius covid19 namun tidak tertampung di Rumah Sakit ataupun Rumah sakit Lapangan yg dipergunakan untuk pasien covid19. Kalurahan Pendowoharjo menyatakan tempat Shelter untuk isolasi mandiri dan  perawatan  untuk pasien positif Covid-19 berkapasitas 27 orang,

Kepala Kasi pemerintahan atau Jagabaya Kalurahan Pendowoharjo Riyanto SIP  mengatakan  sebanyak 27 tempat tidur dipan sudah siap untuk di tempati, ungkapnya."Jadi tinggal petugas relawan jaga dan tenaga kesehatan  yang belum memadai untuk membantu perawatan atau pengawasan pasien covid19 ini. Terakhir mereka melaporkan tengah mencari relawan dan tenaga medisnya tersebut.Menurutnya, proses penyediaan shelter desa butuh waktu lama sejak akhir Desember lalu karena terkendala pembiayaan. 

Kalurahan kebingungan soal anggaran karena pihak desa merasa tidak mungkin menanggung biaya shelter mengingat APBDes tahun ini sudah ditetapkan, jelasnya.Riyanto SIP menjelaskan, kendala itu sudah menemukan jalan keluar saat dijelaskan bahwa kepala desa/lurah kalurahan berhak menggunakan dana bencana alam tahun yang dialokasikan tiap tahun. Selain itu, sumber anggaran untuk pasien juga bisa ditanggung oleh masyarakat, terangnya."Kami meminta  menempatkan shelter mandiri ini jauh dari permukiman atau aktivitas penduduk. Shelter juga wajibkan memiliki fasilitas MCK lengkap, area olahraga, dan akses kendaraan roda empat jika terjadi hal buruk," katanya.

Shelter ini bakal merawat pasien Covid-19 tanpa gejala, bergejala ringan, dan tidak memiliki komorbid. Kesehatan harian pasien akan dipantau Satgas Covid-19, Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB), dan petugas kesehatan puskesmas Sewon 1Kepala Puskesmas Sewon 1 dr.Endar menyatakan Kalurahan Pendowoharjo telah menyediakan 27 tempat tidur di Shelter Kalurahan, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Penangganan Covid-19 Kalurahan Pendowoharjo Hilmi Hakimudin Spdi meminta Dukuh untuk menyediakan shelter bagi warganya yang positif Covid-19. Hal ini karena jumlah tempat tidur untuk pasien covid19 di Shelter Kalurahan yang sangat terbatas, pintanya.Bamuskal Pendowoharjo meminta upaya penambahan dipan tempat tidur perawatan Covid-19 di Shelter Kalurahan tak terkendala dana dan birokrasi. 

Menurutnya, situasi Covid-19 khususnya di Kalurahan Pendowoharjo sudah sangat mengkhawatirkan. Di tengah penerapan pengetatan kegiatan, kasus harian Covid-19 meningkat signifikan, bahkan mencetak rekor baru dengan 86 kasus."Saya menilai hambatan penyelesaian masalah ini karena birokrasi dan sistem anggaran membuat kalurahan tidak bisa support sesuai harapan. 

Kalurahan dalam kondisi sangat sulit saat ini. Wajar saja kalau tanpa support yang diperlukan mereka hanya alokasi di bawah 20 persen kapasitas . Padahal ruangan yang di perlukan masih banyak, pungkasnya.
2021-02-02
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul