Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Anggota Koramil 05 Banguntapan Dampingi Posyandu di Masa Pandemi
Banguntapan, 9/2/2021   Pandemi covid-19 membuat pelayanan kesehatan posyandu balita maupun lansia,jadi terganggu.    Aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) juga menjadi penyebab terbatasnya bahkan tidak adanya pelayanan di Posyandu demi menghindari terjadinya kerumunan orang karena berpotensi terhadap terjadinya penularan.  Vakumnya pelayanan di Posyandu sementara berdampak pada tidak terpantaunya kondisi ibu hamil dan balita yang merupakan kelompok rentan. Imbasnya, pemantauan perkembangan balita pun tertunda.

Menurut Kementerian Kesehatan, langkah awal yang paling penting untuk mendapatkan anak yang sehat dan cerdas adalah dengan pemenuhan gizi pada anak sejak dini, yaitu saat masih dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun atau yang dikenal dengan 1.000 hari pertama kehidupan. Makanan selama periode tersebut dapat mempengaruhi fungsi intelektual, memori, konsentrasi dan emosi anak di kemudian hari.  

Mengingat pentingnya peran Posyandu, maka aktivitas pemantauan pertumbuhan balita sebagai bagian dari program pencegahan stunting tetap harus dijalankan.   Untuk memantau perkembangan ibu hamil maupun balita maka pada hari Selasa tanggal 9 Febuari 2021  Posyandu selasih 2 dusun Mertosanan kulon Potorono dibuka kembali dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dengan agenda menimbang anak memberi vitamin ,dan pembagian sabun anti septik dari PMI kabupaten Bantul. Untuk sementara petugas kesehatan dari Puskesmas belum di bisa di laksanakan.Kegiatan di pimpin langsung oleh ibu dukuh Mertosanan kulon Potorono ibu Atik mudawah dan Babinsa  kalurahan Potorono sertu Samsul Hadi serta  kader posyandu  dusun Mertosanan kulon Potorono.Posyandu yang terletak pada daerah zona merah, zona oranye, dan zona kuning tidak dapat melakukan kegiatan  Posyandu. 

Meski demikian, tetap melakukan fungsi penggerakan agar masyarakat melakukan kegiatan utama yaitu kesehatan ibu dan anak, gizi, imunisasi, keluarga berencana, serta peningkatan perilaku hidup sehat dan kegiatan tambahan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan secara mandiri, janji temu kunjungan rumah, atau janji temu di fasilitas pelayanan kesehatan yang harus melakukan konsultasi atau pemeriksaan langsung dengan tenaga kesehatan 
2021-02-09
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul