Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Bati Bhakti TNI Mewakili Danramil Pleret Menghadiri Peringatan Serangan Umum 1949
Pleret ,11 Februari 2021Pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2021, pukul 09.10 wib sampai jam 11.15 wib bertempat di Balai Desa Segoroyoso, Pleret, Bantul, telah berlangsung kegiatan Peringatan Peristiwa Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949.Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan ( Kundha Kabudayan ) Kab. Bantul.

Hadir dalam kegiatan tersebut :.Sekda Kab. Bantul Helmi Haris , Kepala Dinas Kebudayaan Kab. Bantul Nugroho Setyanto MM , Narasumber/ Dosen UGM Yogyakarta Yulianto Ibrahim SS, M Hum , Narasumber pelaku sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949/ wakil ketua LVRI Kab. Bantul Suraji , Muspika Kecamatan Pleret dan 25 tamu undangan.

Sambutan dari Kepala Dinas Kebudayaan Kab. Bantul  Nugoroso Setyanto MM antara lain :-  Sejarah Serangan 1 Maret membuat konsekunsi yang luas, dan kita sebagai generasi penerus mendapat hadiah kemerdekaan yang harus kita jaga.- Harapan kami kegiatan Peringantan Serangan 1 Maret, untuk bisa memetik nilai sejarah. 

Narasumber Drs. Helmi Jamharis Sekda Kabupaten Bantul dengan tema Nilai Kepahlawanan Serangan Umum 1 Maret di Kabupaten Bantul.- Peristiwa Heroic Serangan Umum 1 Maret merupakan bukti bahwa kemerdekaan Indonesia tidak didapat dengan mudah.- Upaya memenuhi kesehatan, di Kabupaten Bantul, dalam hal ini kasus pandemi covit kami mendirikan Rs Khusus upaten

-  Hal yang dapat kita ambil dari Serangan 1 Maret adalah jiwa gotong royong tni dan rakyat, sebagai satu kesatuan yang tidak bisa dilepaskan. -  eliminir perbedaan dimasyarakat serta berikanlah kepercayaan kepada peminpim untuk membawa rakyatnya ke arah yang baik.Narasumber Yulianto Ibrahim S. S, M. Hum dengan tema Serangan Umum 1 Maret, Dalam Kacamata Ilmu Sejarah.- Peristiwa ini pernah dipermasalahkan, karena hanya 6 jam terjadi, namun ini puncak keberhasilan tni, dan berjalannya strategi Sudirman.- Setelah proklamasi Jepang kalah dengan sekutu, dibulan oktober 1945 sekutu datang untuk membawa jepang. 

Namun belanda memboncenginya, terjadilah kerusuhan di berbagai tempat.- Ibukota Jakarta menjadi tidak aman, dan  ibukota pindah ke Jogja. - Sejak awal Sri Sultan Hamengku Buwono Ke IX dibawah Republik Indonesia, dan ini memberikan dampat yang luar biasa ke kabinet, dan Jogja menjadi propinsi isntimewa. - Jenderal Spur dihadapkan parlemen Belanda dia menjajikan penguasaan Indonesia, dengan rencana 3 hari penguasaan indonesia. - Setelah agresi mileter jogja dikuasai Belanda, Soekarno ditawan belanda. 

- Salah satu Faktor kegagalan belanda dalam melancarkan agresinya, yaitu tidak memperhatikan antusiasme masyarakat dalam membantu TNI.- Di Segoroyoso, Soeharto merancang serangan sebelum  1 Maret 1949, dengan melancarkan serangan pada malam hari, 1 desember, 16 januari, 4 februari 1949.- Awal februari sultan mendengar bahwa PBB  akan bersidang tentang Indonesia, negara negara PBB jengkel kepada Belanda. - Selanjutnya Sultan Hamengku Buwono ke IX merancang serangan pada siang hari, dan beliau meminta ijin kepada Soedirman, diperbolehkan namun ijin kepada komadan setempat, yaitu suharto.- Sultan meminta suharto untuk menyerang pada 1 Maret selama 2 minggu, dengan sandi janur kuning.

Narasumber Muraji Wakil Ketua Legiun Veteran R. Indonesia Kab. Bantul antara lain :- Kegiatan bapak soeharto sebagai Komandan Keamanan Jogja, berdampak kepada pasukan Belanda, karena ada mata mata, dan memberikan informasi bahwa Suharto rumahnya Kemusuk Sedayu.- Belanda selanjtunya menyerang Dusun Kemusuk, Sedayu, Bantul dan membantai warga Kemusuk kurang lebih 231 warga.- Pelaksanaan serangan umum 1 Maret dilaksanakan siang hari, tepat pukul 6.00 wib, diawali dengan serangan ke arah pos pertahanan belanda di seluruh yogyakarta.- Letkol suharto memimpin Serangan 2000 prajurit laskar, seluruh Yogyakarta. 

Narasumber Sunarto sh MM tokoh masyarakat Kec. Pleret antara lain :- Peran maysarakat Pleret di Serangan Umum 1 Maret sangat penting, dari memberikan logistik, tempat persembunyian dan persenjataan.- Pada tahun 1949 Kec. Pleret merupakan wilayah karisidenan sukarta.- Segoroyoso dipilih sebagai lokasi markas Komando karena geografis, yang salah satunya dekat kali opak. pada jaman dulu belum ada jembatannya, hanya ada sesek
2021-02-11
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul