Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Monitoring PPKM oleh Jajaran Kodam IV/ Diponegoro di Jambidan Sebagai Kalurahan Percontohan.
Jumat (12 Februari 2021)Jajaran Kodam IV/Diponegoro pagi ini mengadakan kunjungan ke Kalurahan Jambidan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kunjungan tersebut bertujuan  monitoring pelaksanaan PPKM micro di RT yang ada di wilayah Kalurahan Jambidan.

Dalam kunjungan tersebut hadir Kolonel Inf. Sugiyatno (Staf Ahli Idiologi dan Politik Kodam IV/ Diponegoro) beserta jajaran.Turut hadir juga komamdan satuan dari jajaran Kodim 0729/Bantul   LetKol Inf. Agus Indarto Gunawan.Dalam acara pagi ini hadir pula jajaran Muspika Kapanewon Banguntapan Drs. H. Fauzan Muarifin, Kapten Inf. Nuryanto, S.Sos,  Kompol Zaenal Supriatna, SH. Kapolsek Banguntapan beserta jajaran.

Kedatangan  rombongan Pangdam IV/ Diponegoro disambut Lurah Jambidan beserta pamong, Babinsa serta Babinkantibmas Jambidan, Satgas Covid-19 Kalurahan Jambidan, Ketua dan Anggota Relawan FPRB Jambidan yang selama masa pandemi sebagai garda terdepan penanganan covid-19 di Jambidan, penyambutan rombongan bertempat di aula Kalurahan Jambidan.

Dalam sambutannya dari Kodam IV/Diponegoro yang diwakili oleh Kolonel Inf. Sugiyatno (Staf Ahli Idiologi dan Politik)menyampaikan bahwa tujuan kunjungan turun ke Kalurahan Jambidan  kali ini, untuk melakukan pemantauan atau monitoring terhadap pelaksanaan program PPKM mikro, khususnya di  Kalurahan Jambidan yang telah melaksanakan program satgas tingkat RT." 

Kami TNI selalu ada serta bersama masyarakat dalam kondisi apapun, termasuk dalam menghadapi pandemi covid-19, selalu bahu membahu serta senantiasa memberikan suport kepada, pemerintah serta relawan dalam penanganan pandemi ini, serta pandemi segera berlalu," demikian penuturan Kolonel Inf. Sugiatno.

Sementara dalam Sambutannya Lurah Kalurahan Jambidan Bapak Zubaidi, menyampaikan banyak terimakasih atas kunjungan Rombongan Pangdam IV/ Diponegoro yang bertujuan monitoring pelaksanaan PPKM mikro yaitu Satgas tingkat RT."Demi menjaga keselamatan warga masyarakat akan tetapi keterbatasan kondisi Kalurahan Jambidan mengharap suport dari TNI untuk penangan program penangan covid-19, serta tetap menjaga silaturohmi dari Jajaran Pangdam IV/ Diponegoro dengan Pemerintah Kalurahan Jambidan," tutur Pak Zubaidi.

Dalam kesempatan yang sama Ketua FPRB Jambidan Mart Widarto mengutarakan bahwa,  Pembentukan satuan tugas (satgas) COVID-19  di tingkat RT menjadi salah satu diantara cara efektif untuk menekan penyebaran virus corona, khususnya mengurangi klaster keluarga.DI Yogyakarta, Kalurahan Jambidan, Banguntapan, Bantul, selain sudah adanya Satgas Kalurahan, sudah menginiasi pembentukan satgas RT.

Diketahui di Jambidan ada sekitar 10.300 jiwa yang tinggal di 7 Padukuhan, 24  Kampung dan 54 RT."Sejak bulan Maret 2020, sudah ada 225 orang yang kita lakukan tes swab PCR dan hingga kini ada  85 warga positif, 7 warga sedang dalam proses perawatan, 77 warga sembuh dan 1 orang meninggal karena COVID-19,"  papar Mart.Data yang tranparan adalah kunci agar masyarakat aman dalam menghadapi pandemi, maka pihaknya selalu mengolah dan memperbaharui data terkait penyebaran virus corona di daerahnya.

Maka data yang tranparan dan akurat akan mempengaruhi strategi yang akan diambil untuk menangani pandemi.Menurutnya jika satgas RT bisa berjalan maka satgas kalurahan akan lebih mudah untuk melakukan pencegahan.Setiap pedukuhan memiliki peta masing-masing , apabila satgas ingin melihat data itu, maka mereka akan mudah mendapatkannya."Sebagai contoh di padukuhan Bintaran, ini ada 34 spesimen yang dites swab PCR, ternyata ada 15 orang poaitif,  14 orang sembuh, 1orang dalam perawatan, " jelas Mart lagi.

Setelah acara di aula selesai, Pangdam beserta rombongan berkenan untuk mengunjungi  posko FPRB Jambidan, yang kebetulan berada di komplek kantor kalurahan.Beliau beserta rombongan begitu antiaias melihat langsung kondisi posko, mulai dari ketersediaan dan kesiapan alat, paparan data yang berupa peta infografis, serta informasi berbagai kegiatan yang selama ini dilakukan para relawan FPRB Jambidan melalui layar monitor yang tersedia.Kunjungan kemudian dilanjutkan untuk mengetahui secara langsung kesiapan satgas RT yang telah terbentuk diwilayah RT , padukuhan Dhuku serta di satgas perum.....Terpisah Sekretaris FPRB Fembi Yulianto mengutarakan Kalurahan Jambidan melakukan apa yang dilakukan puskesmas.

Jika puskesmas melakukan 3T ( test, tracing, treatment) maka mereka akan melakukan sign, tracing, treatment.Inovasi dari FPRB Kalurahan Jambidan adalah menciptakan bentuk seperti lingkaran obat nyamuk untuk melacak kontak erat dari pasien positip corona"Jadi kami menentukan keluarga inti dilingkar tengah dan disamping-sampingnya merupakan kontak erat yang sehari-hari bertemu atau 7 hari terakhir, " tambahnya.

Kemudian, FPRB membuat catatan mengenai penangangan warga yang terkonfimasi positif covid-19.Mereka membagi menjadi dua strategi tergantung kesehatan pasien.Apabila warga positif covid-19  tidak memiliki gejala atau gejala ringan, maka ia bisa isolasi mandiri 14 hari dirumah masing-masing.Meski dirumah, namun FPRB tidak lepas tangan dan memberikan catatan untuk keluarga agar dirumah memisahkan barang yang digunakan pasien dengan anggota keluarga yang lain.

Hal ini agar semua anggota keluarga tetap aman meski satu rumah dengan pasien  covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan.Jika warga positip covid-19 itu memiliki gejala sedang atau berat serta komorbid, maka FPRB akan meminta puskesmas untuk membantu karantina medis.Bagi kontak erat tetap diminta isolasi mandiri 14 hari, test swab PCR hanya untuk yang mengalami gejala saja,  demikian kata Wardi Kp (Bidang Humas FPRB Jambidan) ikut memberikan keterangan.

Satu lagi yang patut di syukuri dari kerja keras, serta kerja ikhlas tim Relawan Jambidan, khususnya FPRB Jambidan selama ini telah banyak mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk monitoring dari Kodam IV/ Diponegoro di hari ini.Semoga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Desa Jambidan dan memicu semangat serta jiwa sosial relawan-relawan di Kalurahan Jambidan, ujarnya.Demikian Babinsa jambidan melaporkan
2021-02-12
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul