Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Batuud Koramil 15/Sanden Hadiri Apel Serentak Pantarlih Kecamatan Sanden
Hari Selasa pagi tgl 17 April 2018 pkl 07.30 Batuud Koramil 15/Sanden Peltu Agung Triono  mewakili Danramil menghadiri Apel Serentak Pantarlih Kecamatan Sanden di  halaman kantor Kecamatan SandenPada kegiatan pagi itu dihadiri dr KPU Kab Bantul, Camat Sanden Slamet Santosa.Sip, Batuud Koramil 15/Sanden Peltu Agung Triono, Dan Posal Samas Peltu Usman, Polsek Sanden diwakili Aiptu Agus Doho, Iptu Gandung dr Pol Airud Samas, Kepala dinas instansi se Kecamatan Sanden, Lurah Desa, PPK dan PPS Kec Sanden, dan petugas Pantarlih Pemilu 2019 sejumlah 129 orang.Camat Sanden Slamet Santosa.Sip menyampaikan  ," Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilu. 

Pemutakhiran data pemilih menentukan  setiap giat pemilu selanjutnya mulai dari penentuan jumlah TPS, alokasi logistik, pola sosialisai Pemilu, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara dan rekap hasil suara. Jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah dan tidak valid dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya juga akan terganggu.Lebih lanjut Camat Sanden mengatakan, salah satu tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pemilu adalah tingginya angka partisipasi pemilih. Partisipasi Pemilih tidak hanya dipengaruhi oleh massifnya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh penyelenggara maupun peserta pemilu namun juga didukung oleh validitas pemilih. 

Jika terdapat masih banyak data ganda dan meninggal dalam daftar pemilih, dapat dipastikan bahwa akan menyumbang terhadap angka ketidakhadiran pemilih di TPS dan ini tentu saja akan berdampak pada tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu.Demikian pula dalam logistik pemilu, pencetakan surat suara didasarkan atas jumlah DPT per TPS ditambah 2% sebagai cadangan. Pemilih yang tidak masuk DPT berpotensi tidak dapat menggunakan hak pilihnya.Undang-undang memang memfasilitasi pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT menggunakan KTP elektronik pada hari H pemungutan suara. Meskipun demikian pemilih yang menggunakan KTP dibatasi oleh sisa surat suara di TPS dan waktu selama 1 jam antara jam 12.00 sampai 13.00. 

Apabila jumlah pengguna KTP melebihi sisa surat suara yang tersedia, bisa jadi tidak semua pemilih ber KTP menggunakan haknya karena kehabisan surat suara dan waktu pemungutan.Terkait pentingnya validitas data pemilih, Camat Sanden berpesan kepada seluruh Pantarlih Kecamatan Sanden agar melaksanakan ketugasannya dengan cermat dan teliti serta datangi pemilih dari rumah ke rumah. Pastikan pemilih yang memenuhi syarat terdaftar dalam daftar pemilih dan pastikan pemilih yang tidak memenuhi syarat agar tidak didaftar sebagai pemilih," Pungkasnya. 
2018-04-18
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul