Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Komandan Kodim 0729/Bantul Memberikan Materi Wasbang
Senin  13 Agustus 2018 pukul 09.30 sd 11.45 wib. di SMA Negeri 2 Bantul Jl. RA Kartini Trirenggo Bantul Telah dilaksanakan Pemberian Materi Wawasan Kebangsaan ttg Kepahlawanan oleh Letkol Inf Yuswanto Dandim 0729/ Bantul dalam rangka Peringatan Hari Bersejarah Hari  Kemerdekakan Republik Indonesia yang ke 73 Th.Kegiatan dihadiri lk 150 Siswa.

A. Hadir dalam acara tersebut :
1. Dandim 0729/Bantul (Letkol Inf Yuswanto).
2. Kepala sekolah SMA N 2 Bantul Kabul Mulyana Mpd.
3. Kepala Dinas Kebudayaan DIY yang diwakilkan oleh Drs Suroyo.
4. Pasiter Kodim 0729/Bantul Kapten Chb Hermanto.
5. Ibu Juwariah pelaku sejarah pada waktu Serangan Umum Sebelas Maret di Jogja.
6. Perwakilan Guru SMA N  2 Bantul.
7. Perwakilan dari Siswa SMA N 2 Bantul.

B. Sambutan Bp Drs. Suroyo.
1. Salam Pembuka
2. Kegiatan  kegiatan di dinas kebudayaan Diy dan barang kali adik adik bisa ikut dalam kegiatan kesejarahan dan terhitung mulai th 2017 ada Program kegiatan kesejarahan berjenjang.
3. Kegiatan kesejarahan berjenjang di masing masing dinas kebudayaan kabupaten dan  disinkronkan dg propinsi dg pengembangan kesejarahan  siswa pro aktif dalam bidang sejarah dan sastra.
4. Kegiatan ini kerja sama dg instansi terkait dan komunitas 45 tentang pelestarian kesejarahan.
5. Dalam menambah wawasan kesejarahan dinas kebudayaan setiap tahunnya ada lawatan sejarah dan ada pendidikan berjenjang dg seleksi di  tiap daerah dan nantinya kalau terpilih sebagai wakil daerah untuk  di tingkat nasional.
6. Salah satu materi yang akan di kompetisikan tentang wawasan  kesejarahan secara umum yang sumber materinya dari  pengalaman ibu Sujariah sebagai pelaku langsung dalam Supersemar dan wawasan kebangsaan yang materi dibawakan oleh letkol Inf Yuswanto Dandim 0729/Btl
7. Materi yang diberikan tsb  bisa di kembangkan oleh adik adik semua sebagai sumber dalam karya tulisdan kegiatan nanti ada kajian dan lomba novel bahasa jawa.
8. Demikian kesempatan ini untuk sebagai pedoman dan silahkan ditanyakan kalau ada yang kurang jelas.‌

C. Wawasan kebangsaan oleh Lekol Inf Yuswanto Dandim 0729/ Bantul.
1. Salam Pembuka
2. Saya bangga bisa berhadapan dg para adik adik semua karena saya dulu pernah seperti adik adik.
3. Bagai mana adik adik bisa membuka pikiran dan hati bagai mana mengisi kemerdekaan ini dan di pundak adik adik lah perjuangan ini berlanjut
4. Keberanian dan pengorbanan para pejuang harus kita tauladani untuk dalam perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan kita harus sanggup berkorban untuk bangsa dan negara untuk membela tanah air.3. Kita berbangsa , bernegara dan ber tanah air indobesia difinisi dari- Tanah air adalah  sebutan yang diberikan bangsa indonesia untuk menyebut wilayah indonesia yang terdiri dari daratan dan lautan- Bangsa adalah sekelompok manusia yang disatukan disamakan oleh persamaan bahasa, idiologi kita pancasila, budaya, cita cita dan sejarah. - Negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang   berdaulat.4. Wawasan kebangsaan ini dalam pemahamannya  adalah cara pandang terhadap diri kita terhadap tanah air bangsa dan negara dalam diri kita kepada bangsa dan negara untuk menghadapi tantangan sesuai dengan masanya.5. 

Kita bangga dilahirkan di indonesia yang punya tanah air, bangsa dan negara karena dengan wilayah  iklim yang bagus dan sumber daya alam yang kaya raya keberagamannya suku dan budaya bisa bersatu dengan bhineka tunggal eka kita.6. Kita harus bersyukur bumi alam kita sangat kaya untuk generasi penerus isi dan manfaatkan masa sekarang ini dengan kegiatan yang positif karena masa sekarang keadaanya sudah aman dan tenang dalam meraih cita cita kita gak ada gangguan.7. Negara kita kuat karena kita bisa bersatu terdiri dari berbagai suku, bahasa, budaya dan agama dan pertahanan kita kuat karena  antara TNI dan rakyat bersatu.8. Contoh negara yang hancur libya , negara di timur tengah ini sebagai contoh dan kita pahami sejarah bersifat peristiwa , seni dan ilmu 9. Untuk itu kita harus mampu menghadapi tantangan untuk mengisi kemerdekaan dg berprestasi mempunyai kemampuan untuk suatu tujuan yang harus kita capai10. Mari kita buka pikiran untuk berprestasi tunjukan kita mampu dan bisa berprestasi berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.
2018-08-13
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul