Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Mengenang Hari Juang Kartika, Prajurit TNI Jalan Kaki 250 Kilometer
Bantul,(bantul.sorot.co)--Pangdam IV/Diponegoro, Mayor Jenderal Mochamad Effendi mengatakan pelaksanaan Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka mengenang Hari Juang Kartika TNI AD yang jatuh setiap 15 Desember, amat penting khususnya bagi prajurit TNI dan umumnya generasi muda. Karena hal tersebut menggelorakan semangat patriotisme dan nasionalisme.

Selain hal itu acara tersebut sebagai bentuk implementasi nilai-nilai juang setiap diri prajurit dalam berperilaku yang sejalan dengan nilai-nilai yang telah dipertaruhkan para pendahulu korps berjuluk Infanteri itu."Peleton beranting ini sangat penting untuk generasi prajurit maupun generasi muda karena hal ini membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme. 

Kegiatan ini juga mentransformasikan nilai kejuangan pada setiap diri prajurit. Sehingga, pola bertindak sejalan dengan nilai-nilai yang diwariskan para pendahulu," ujar Pangdam IV Diponegoro dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 072/ Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni saat menggelar upacara pemberangkatan Tonting dititik start Lapangan Paseban Bantul, Minggu (16/12/2018).

Dandim 0729/ Bantul Letnan Kolonel Infanteri Yuswanto menambahkan bahwa misi yang diemban para prajurit TNI AD itu sangatlah berat. Mereka dengan rela harus berjalan kaki menempuh puluhan kilometer menuju Ambarawa dengan membawa beban tas ransel berisi senjata dan berbagai peralatan penunjang lainnya. Kendati demikian, Yuswanto menyakini dengan dilandasi semangat kejuangan yang sangat tinggi, patriotisme dan nasionalisme, maka beban yang dianggap berat bakal terasa ringan.Sementara itu para prajurit TNI AD ini akan menempuh jarak total sejauh 250 kilometer melintasi wilayah DIY meliputi Kabupaten Bantul dan Kulonprogo dan Jawa Tengah diantaranya Kabupaten Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, Pemalang dan Pekalongan.Dalam perjalanan, mereka akan dibagi 10 etape. 

Disetiap etape akan ada serah terima simbol dan panji Korps Infanteri TNI AD.Kegiatan tonting ini diikuti sebanyak 7 satuan batalyon koprs Infanteri di wilayah Kodam IV Diponegoro diantaranya Yonif 403/WP, Yonif 405/SK, Yonif 406/CK, Yonif 407/PK, Yonif 410/Alugoro, Yonif 411/Pandawa dan Yonif 413/Bremoro.
2018-12-16
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul