Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Kodim Bantul Bina Generasi Muda Melalui Gerakan Pramuka
Kodim 0729/Bantul_Pembinaan generasi muda mutlak dilakukan semua pihak tidak terkecuali bagi TNI. Gerakan Pramuka menjadi salah satu wadah pembinaan generasi muda untuk mewujudkan sikap mandiri. Gerakan Pramuka juga mengembangkan rasa cinta tanah air dan generasi berwawasan kebangsaan, sehingga pembinaan generasi muda perlu dikembangkan dan diperkuat.

Hal itu ditegaskan Panglima Kodam IV Diponegoro Mayjen TNI Muhammad Effendi saat membuka Persami Saka Wira Kartika tingkat Kodam, Jumat (21/6). Pangdam Mayjen TNI Effendi juga bertindak sebagai Irup pada persami di lapangan tembak Krida Manggala Secata Rindam IV/Diponegoro Desa Pekuncen Kecamatan Sempor. 

Tidak kurang 600 anggota Saka Wira Kartika se Kodam Diponegoro ikut ambil bagian.Termasuk anggota Saka Wira Kartika Kodim 0729/Bantul sebanyak 20 orang ikut kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, Kakak pembina dari kodim bantul dan Dandim Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S.Sos, M.I.Pol juga ikut hadir mendampingi peserta saka wira kartika dari kodim bantul.Pangdam Mayjen TNI Muhammad Effendi mengungkapkan, gerakan saka wira kartika diharapkan dapat menambah kemampuan dan keterampilan muda-mudi agar tangguh dan mandiri. Persami tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil pembinaan kepramukaan selama ini. 

Yang dilakukan aparat satuan komando kewilayahan dan satuan non komando kewilayahan jajaran TNI AD khususnya di Kodam lV Diponegoro."Juga memberikan wawasan dan pengetahuan jenis-jenis keterampilan dalam saka Wira Kartika serta mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka penegak dan pandega yang bersifat aktif kreatif inovatif dan edukatif mengacu kepada pola pembinaan gerakan Pramuka itu sendiri," ucap Pangdam dalam amanatnya.Setelah upacara selesai, Dandim Bantul menyempatkan diri untuk berkunjung ke tenda peserta saka wira kartika kodim bantul untuk memberikan semangat. 

Dalam kunjungannya Letkol Kav Didi Carsidi S.Sos, M.I.Pol menyampaikan, Perkemahan semacam ini akan mendekatkan Pramuka dengan masyarakat yang semakin manunggal guna membantu mewujudkan pertahanan wilayah. Gerakan kiprah Pramuka perlu dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh serta diikuti oleh segenap komponen bangsa lainnya. 

Dengan demikian karakter generasi muda secara signifikan bisa terwujud melalui pembinaan di saka Wira Kartika. "Perkemahan ini merupakan sarana, tetapi yang utama membangun jiwa mandiri dan peduli dari muda-mudi," katanya
2019-06-21
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul