Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Bersama BPBD Koramil 15/Sanden Ikuti Gladi Lapang Tsunami Driil
Gladi Lapang Tsunami Driil Desa Gadingsari Sanden dan Desa Poncosari Srandakan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Bantul Sabtu 29 Juni 2019 jam 08.00 wib dilaksanakan di Lapangan Sorobayan Desa Gadingsari Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Bantul Drs. Suharsono, Dandim 0729/Bantul Letkol Kavaleri Didi Carsidi.S.Sos.M.I.Pol, Kepala Pelaksana Bpbd Kab.Bantul Drs.Dwi Daryanto.Msi, jajaran Muspika Kec.Sanden dan Kec.Srandakan, Personil Koramil 15/Sanden dan Koramil 17/Sdk, Polsek Sanden dan Srandakan, Pos AL dan Pos Pol Airud Samas, BPBD Kab.Bantul, 1 ton Satpol PP, 1 Kompi Distana, 1 Pleton Linmas inti, Dinas sosial Kab.Bantul, Dinas kesehatan Kab.Bantul, Dinas PU Kab.Bantul, Bapedda Kab.Bantul, PLN Kab Bantul,  Puskesmas Sanden dan Srandakan, Tim Sar, Orari , Rapi Kab.Bantul, Senkom Kab.Bantul, Fprb dan masyarakat yang dilibatkan kurang lebih 2.000 orang.Kegiatan diawali dengan Apel Siaga yang bertindak selaku Pembina apel Danramil 15/Sanden Kapten Infantri Suyana. 

Dalam amanatnya Pembina Apel menyampaikan beberapa hal antara lain sebagai berikut bahwa kegiatan ini untuk bisa di jadikan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh BPBD Kab. Bantul pada setiap akhir tahun, dan pada saat ini akan dilaksanakan Gladi Lapang Tsunami Driil dimana sebelumnya juga telah dilaksanakan Gladi Posko.Secara umum gladi sesuai skenario yaitu Aktifitas masyarakat di pesisir pantai berjalan seperti biasanya, kemudian secara tiba-tiba terjadinya bencana gempa bumi berkekuatan 7,5 SR yang dirasakan oleh semua warga di bibir pantai dan diibaratkan wilayah Kec. Sanden dan Srandakan merasakan getaran yang paling besar yang berpotensi tsunami.

Atas kejadian tersebut Muspika melaporkan kepada pimpinan masing-masing, Muspida Kab.Bantul mengadakan rapat dan menunjuk Kecamatan,  Koramil,Polsek Sanden, Posal dan Polairud  sebagai pelaksana terdepan dalam penanganan bencana.Gladi diharapkan dalam pelaksanaannya dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya karena akan menjadi dasar apabila terjadi bencana yang sebenarnya.Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Gladi Lapang Tsunami Driil yang dipimpin sebagai Koordinator Lapangan Danramil 15/Sanden Kapten Infantri Suyana, sesuai dengan narasi / skenario yang telah dirumuskan.

Setelah rangkaian demi rangkaian gladi selesai dilaksanakan Evaluasi dan Penutupan  yang ditutup oleh Bupati Bantul Drs. Suharsono .Dalam sambutan menyampaikan apresiasi kepada seluruh Stake Holder mulai dari unsur TNI, POLRI, Para Relawan, SKPD, Camat, Lurah Desa setempat, FPRB Kabupaten Bantul Masyarakat serta seluruh personil yang terlibat dalam gladi ini.“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Bantul atas kesungguhan dan kerja kerasnya dalam pengabdiannya demi kemanusiaan selama ini sehingga BPBD Kabupaten Bantul semakin dikenal oleh masyarakat, kerja keras tersebut sekaligus menjadi tanggung jawab kita ke depan untuk terus meningkatkan kwalitas Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana” 

Ungkapnya.Sementara Komandan Kodim 0729/Bantul Letkol Kavaleri Didi Carsidi.S.Sos.M.I.Pol menyampaikan," Dengan adanya gladi Posko dan Gladi Lapang Driil Tsunami ini berharap bisa menjadi sarana yang efektif untuk bertindak dan membekali masyarakat dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam menyikapi kondisi darurat khususnya Tsunami. Beliau juga berharap acara hari ini bisa kita jadikan sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan kesiapsiagaan dan ketrampilan masyarakat kita dalam menghadapi Bencana Tsunami, khususnya daerah yang masuk zona Tsunami ,"Pungkasnya.
2019-06-29
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul