Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Anggota koramil 05 Banguntapan gotong royong bersihkan saluran irigasi
Banguntapan,22/07/2019.   Air merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang sangat di butuhkan, baik untuk kehidupan , pertanian maupun perikanan.Pada hari Minggu tanggal 22 Juli 2019 anggota Koramil 05 Banguntapan bersama masyarakat desa Banguntapan melaksanakan kegiatan pembersihan saluran irigasi.       

Persoalan Air sering menghambat  Perkembangan Sektor pertanian dan perikana di desa  Banguntapan, Sehingga  sektor pertanian dan perikanan di desa  Banguntapan terhambat oleh minimnya pasokan air. Kondisi itu berdampak pada makin menurunnya luasan lahan pertanian  di desa Banguntapan.  Oleh karena itu pemerintah terus berusaha agar sarana penunjang bidang pertanian lebih ditingkatkan.   

Beralihnya fungsi lahan karena tidak bisa teraliri air. Sehingga oleh warga tidak dimanfaatkan untuk budidaya pertanian," ujar Kasi Kesra Desa Banguntapan, Sutikmantoro disela acara  kerja bakti di perbatasan Dusun Karangjambe, Plumbon dan Sorowaajn,Dalam kegiatan itu juga dihadiri Camat Banguntapan Dra Endang Rachmawati MM,   Lurah Desa Banguntapan, bapak  Basirudin.  diikuti oleh anggota  TNI dari Koramil 05/ Banguntapan, warga serta petani.

Hambatan lainnya adalah, jauhnya daerah irigasi yang lokasinya berada di Kabupaten Sleman. Dengan posisi seperti itu, air kadang tidak sampai di daerah Banguntapan.  Sehingga banyak lahan pertanian yang sebenarnya produktif tidak bisa dikerjakan untuk pertanian.  “Lokasi daerah irigasi berada Glendongan dan Pulodadi semua di Sleman, itu menyulitkan dalam distribusi air. Karena jaraknya sangat jauh,” ujarnya. Kondisi itu diperburuk kurang baiknya jaringan tersier sebagai jalan air.  Sekarang ini suplai air sudah terbantu dari Selokan Mataram. 

Tanpa dukungan dari Selokan Mataram kondisinya makin sulit dalam mengembangkan sektor pertanian. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Banguntapan  kini tengah proses pembangunan jaringan tersier sepanjang 300 meter.  Camat Banguntapan, Dra Endang Rachmawati MM mengatakan, jika melihat letak Kecamatan Banguntapan sebenarnya potensi sektor pertanian dan perikanan menjanjikan. Bahkan produksi perikanan di Banguntapan sangat tinggi, semoga kedepannya saluran irigasi segera teratasi dan bermanfaat bagi masyarakat, 
2019-07-22
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul