Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Babinsa Koramil 05 Banguntapan Bersama Petugas Puskesmas Sosialisasikan STBM
Banguntapan, 7/9/2019.    STBM atau sanitasi total berbasis masyarakat, pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan."  STBM merupakan program kementerian kesehatan yang memicu masyarakat untuk ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui 5 pilar :
1. Stop Buang Air Besar Sembarangan/ Stop BABS,
2. Cuci Tangan Pakai Sabun/ CTPS, 
3. Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga/ PAM-RT,
4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga,
5. Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga.   

Kegiatan yang di laksanakan pada hari Sabtu tanggal 7/9/2019 bertempat di balai RT dusun Glondong , kelurahan Wirokerten kecamatan Banguntapan kabupaten Bantul.    Kegiatan ini juga di hadiri oleh lurah desa wirokerten ibu Hj Rahmawati S.E , petugas puskesmas Banguntapan 2 serta masyarakat desa wirokerten.   Metode pemicuan 5 pilar STBM ini, sejak awal dilakukan dengan menyentuh langsung emosi masyarakat berupa rasa malu, rasa jijik, rasa takut pada penyakit dan rasa takut berdosa serta lainnya. 

Sensasi yang dimunculkan sebagai contoh adalah dengan meminta masyarakat untuk meminum air mineral yang telah tercemar tinja, misalnya. Atau dengan mengajak peserta melihat tempat-tempat buang air besar sembarangan, dengan tujuan agar yang buang air besar di sana merasa malu sendiri dan kemudian membangun sarana buang air besar yang layak untuk digunakan.     

Dengan harapan agar masyarakat terhindar dari penyakit akibar perilaku higiene dan sanitasi buruk. Dengan pemahaman esensi yang baik, seorang fasilitator dapat mengembangkan perangkat-perangkat pemicuan berdasarkan situasi dan kearifan tradisi lokal.
2019-09-07
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul