Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Dandim Bantul Bersama IKA Mahakarta Bhaksos Air Bersih
Kodim 0729/Bantul_Komandan Kodim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S.sos., M. I. Pol., bersama Alumni Resimen Mahasisma Mahakarta (IKA Mahakarta) Yogyakarta melaksanakan kegiatan bhakti sosial bantuan air bersih sejumlah desa di wilayah dlingo bantul. 

Sebelum kegiatan penyaluran bantuan air bersih dilaksanakan terlebih dahulu apel bersama yang dipimpin oleh Dandim Bantul dengan diikuti ratusan peserta apel terdiri dari relawan yang tergabung dalam sub unit organisasi Ika Mahakarta yaitu search rescue (SAR) kompi mahakarta yang digelar dilapangan desa terong kec dlingo bantul. Minggu siang (22/9/2019).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya adalah wabup bantul Abdul Halim Muslih, Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi S. Sos, M. I. Pol., Dan Sar DIY Brotoseno, Dan Kompi sar mahakarta Gatot Mujiana serta relawan yang tergabung dalam sar mahakarta yang jauh-jauh datang dari jabodetabek, jawa timur dan Yogyakarta. 

Dandim bantul dalam sambutannya saat apel bersama menyampaikan, "Kami TNI, khususnya kodim bantul ikut andil dalam kegiatan kemanusiaan ini, tentunya dengan berkoordinasi dengan Sar Mahakarta. Hal ini karena melihat diwilayah dlingo mengalami kekeringan yang sangat mengkhawatirkan, oleh sebab itu kami memberikan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan."Rencana sebanyak 98 tangki air bersih akan disalurkan sebanyak 43 lokasi penampungan air yang tersebar dibeberapa desa yakni desa terong, temuwuh dan mangunan. 

Putri Salah seorang warga pedukuhan sendangsari desa terong mengatakan, "Untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam aktifitas sehari-hari, minum dan masak selama ini warga memanfaatkan sumur bor."Namun demikian, semenjak musim kemarau tahun ini tiba, sumur bor yang dibangun pasca gempa 2006 bantuan dari Java recontruction fund (JRF) kini telah kering, warga yang khususnya tinggal di Rt 1 - 4 untuk memenuhi kebutuhan harus membeli air bersih berkapasitas 5.000 liter dari pihak swasta dengan harga hingga 150 ribu/tangki." tambahnya.

Dalam kegiatan pendistribusian air bersih ini menggunakan sejumlah armada truk tangki bantuan dari PMI Bantul, BNPB, dan Dinas sosial yogyakarta.
2019-09-22
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul