Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Babinsa Wonokromo Hadiri Sosialisasi Pemilihan Lurah Desa Wonokromo
Pleret 20  Februari 2020 Babinsa wonokromo koramil 07/Pleret kodim 0729/Bantul Serka Mahkardiyono menghadiri undangan bertempat di Pendopo Balai Desa Wonokromo Pleret Bantul dalam rangka  sosialisasi Pemilihan Lurah Desa Wonokromo Tahun 2020 dengan tema Dengan Semangat Bersama Membangun Desa Ciptakan Pemilihan Lurah Desa Yang Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil.

Hadir dalam acara tersebut : Kasi Kemas Kec.  Pleret Margi Hidayat, S.IP, Kasi Tapem Kec. Pleret Eko Purwanto, Sip ,  Lurah Desa Wonokromo H. Edy Pudjono, S.IP,. M.AP. , Babinsa Desa Wonokromo Serka Mahkardiyono , Bripka Gumawan Bhabinsa Ds.  Wonokromo , Ketua BPD Desa Wonokromo Sdr. Henri Krismawan, SP, MM ,Anggota Panitia Pilurdes Desa Wonokromo , Perwakilan Toga, Tomas, Penggerak PKK wilayah Desa Wonokromo lebih kurang  250 orang.

Panitia Pilurdes Desa Wonokromo :Jazim Aziz, SH ,  Gunawan ,  Miftakhul Bahri,  Aris Darsono , Musta'in , 7M. Hamdan Ardiansyah, Ibnu Widyanto,  Wahdini,  Umi Mukibah.Sekretariat : sad Zamzani , Ike Cahyo puji iswari , Arumatul KhasanahSambutan dari perwakilan Ketua panitia  Pilurdes Sdr. Jazim Aziz, SH menyampaikan : Terimakasih atas kehadiran Bapak Ibu dalam kegiatan sosialisasi Pilurdes pada malam hari ini, 

Di dalam sosialisasi ada kesempatan dialog interaktif sehingga kami akan menjawab namun apabila belum bisa di lain hari akan kami jawab, Pilurdes akan dilaksanakan secara serentak pada hari Minggu 21 Juni, dilaksanakan Minggu agar bisa masyarakat berpartisipasi sangat banyak Kami Berharap 10% yang tidak menggunakan hak pilih bisa berkurang. Pengalaman yang lalu di wilayah kita mencapai 13 % yang tidak menggunakan hak pilihnya , Kegiatan ini nanti akan di berikan sosialisasi Pentahapan, Syarat Pendaftaran, Cara coblos, Pembentukan KPPS, PPDP ( Panitia Pemutakhira  Data Penduduk ) ,Pada sesi tanya jawab silahkan untuk digunakan bertanya apa saja yang perlu di tanyakan agar kita masyarakat bisa Gamblang.

Sambutan Ketua BPD Sdr. Henri Krismawan, SP, MM menyampaikan : Harapan saya kepada bapak ibu dalam acara pada malam ini bisa6 menambah pemahaman tentang syarat maupun ketentuan ,ketentuan dalam Pikurdes 2020 , Sehingga pada Pilurdes nantinya bisa meminimalisir Golput dengan bertambahnya partisipasi Masyarakat Desa Wonokromo ,Dalam penyusunan tata tertib saya berharap nanti masyarakat bisa mengoreksi aktif dalam sesi tanya jawab sehingga regulasi kita bisa kuat dalam menyelenggarakan Pilurdes.).

Saya berharap kepada perwakilan ini bisa menyampaikan kepada Kelompok maupun di tingkat RT agar mengerti dan tahu tentang Pilurdes.Sambutan Kasi Tapem Kec. Pleret Eko Purwanto, Sip menyampaikan : Tahapan ada 4 tahap yaitu Persiapan, Pencalonan, Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan, Pengukuhan / penetapan. Pada Tahap Persiapan ini ada 4 Desa Yang melaksanakan Pemilihan. Dalam persiapan Alhamdulillah Desa Pleret sudah melaksanakan pembentukan panitia dan sudah kita Laporkan.

Saya berharap agar Panitia sudah sangat mantap untuk menjadi panitia supaya tidak ada yang mengundurkan diri untuk mencalonkan diri, Menjadi tim Sukses. Bahwa panitia kami harapkan Netralnya , Kami menghimbau agar Tatib ( tata tertib ) juga bisa di sosialisasikan agar Masyarakat, Panitia, Calon punya kontrol apa saja yang bisa dilakukan.Sosialisasi di sampaikan oleh Panitia Sdr. Jazi Aziz, SH menyampaikan :Beberapa syarat calon lurah Desa antara lain : Warga Negara Indonesia,

Beragama, Beridoleologi Pancasila dan UU 1945, Pendidikan Paling rendah SMA ,Usia Paling Rendah 25 Tahun , Bukan berstatus Anggota TNI / Polri ,Tidak dalam menjalani Hukuman Pidana Penjara., Tidak pernah dijatuhi Pidana Penjara Lebih dari 5 tahun, Kasus Korupsi, Tidak Sedang di cabut hak Pilihnya ,Tidak pernah menjabat lurah selama 3 kali masa jabatan.

Tahapan pelaksanaan Pemilihan Lurah Desa antara lain : Tanggal 23 Maret s/d 01 April  2029 Pendaftaran Calon Lurah Desa ( Batas Akhir Pendaftaran 01 April 2020 ) , Tanggal 30 April s/d 12 Mei 2020 Penelitian berkas Persyaratan Pendaftaran Bakal Calon ,Tanggal 15 Mei s/d 17mei 2020 Penetapan Bakal Calon Menjadi Calon Lurah Desa Wonokromo ,Tanggal 15 s/d 17 Juni 2020 Masa Kampanye, Tanggal 18 s/d 20 Juni 2020 Masa Tenang , Tanggal 21 Juni 2020 Pelaksanaan Pemilihan /Pemungutan Suara / Penghitungan suara.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selama kegiatan sosialisasi Pemilihan Lurah Desa Wonokromo 2020 berjalan aman dan lancar.
2020-02-20
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul