Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Babinsa Desa Karangtengah Dampingi Tim Dari Puskesmas Imogiri Laksanakan PSN
Imogiri –Kasus demam berdarah dengue (DBD) pastinya meningkat. Untuk mewaspadai dan mengantisipasi serangan penyakit DBD, Babinsa desa Karangtengah anggota Koramil 10/Imogiri Serka Budi Santoso dan Kopka Parjono bersama Bhabinkamtimas mendampingi tim dari Puskesmas dan Kader kesehatan desa melaksanakan PSN (Penberantasan Sarang Nyamuk) di dusun Puconggrowong wilayah desa Karangtengah kecamatan Imogiri kabupaten Bantul. Jum'at (21/02/2020).

PSN adalah bagian dari program Dinas Kesehatan untuk memberantas sarang dan jentik-jentik nyamuk, yang telah lama diimbau untuk dilaksanakan di lingkungan masyarakat. PSN adalah cara pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien sampai saat ini.“PSN perlu ditingkatkan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga sering kali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan,” tutur salah satu petugas kesehatan Puskesmas Imogiri.

Sementara itu, Serka Budi Santoso selaku Babinsa menambahkan bahwa, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dapat dilakukan dengan cara 3M. Mulai dari menguras, yaitu membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air, tempat penampungan air minum. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air. 

Terakhir, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD. “ Kalau lingkungan kita bersih pasti tidak akan menjadi sarang penyakit. Semoga saja kita semua selalu sehat walafiat”, pungkasnya.
2020-02-21
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul