Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Danramil 05 Banguntapan Menghadiri Pengukuhan FPRB Kabupaten Bantul.
Banguntapan, 24/02/2020 Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bantul menyiagakan sekitar 1000 anggota FPRB di Bantul untuk persiapan terjadinya potensi bencana . Relawan FPRB akan diturunkan ke sejumlah titik bencana untuk berjaga selama 24 jam.Ketua Umum FPRB Kabupaten Bantul, Waljito mengatakan selain menyiagakan personel FPRB, langkah lain adalah mendirikan posko siaga yang terpusat di Kantor BPBD Kabupaten Bantul.

"Kita sudah ada FPRB di 75 desa yang ada di Kabupaten Bantul dan 30 komunitas relawan lainnya yang siap bergerak manakala terjadi bencana," katanya usai acara pelantikan pengurus FPRB Kabupaten Bantul periode 2020-2023.

Peralatan penanganan bencana sudah disiapkan dari desa hingga kecamatan.Menghadapi cuaca ekstrem tak hanya personel yang disiapkan namun juga peralatan yang mendesak digunakan saat terjadi bencana banjir, tanah longsor, puting beliung sehingga ketika bencana langsung bisa ditangani "Kesiapan alat sudah cukup baik dan lengkap karena di setiap kelurahan, kecamatan juga sudah menyiapkan peralatan jika ada bencana terjadi bencana , Termasuk kesiapan dari relawan di setiap desa," terangnya.

Forum Pengurangan Resiko Bencana melakukan tugasnya mulai dari penanaman pohon, hingga pemberian sosialisasi kepada warga yang tinggal pada zona merah. Jika terjadi bencana  relawan melakukan  evakuasi korban ke daerah aman, pendirian posko pengungsian hingga nantinya proses rehabilitasi bagi para korban bencana."Kita jangan sampai gagap manakala terjadi bencana sehingga memang persiapan sedini mungkin dari personel dan peralatan juga harus disiapkan," ucapnya.

Setiap FPRB di desa siap diterjunkan jika terjadi bencana.Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Dwi Daryanto mengatakan menghadapi cuaca ekstrem  keberadaan FPRB sangat penting dalam mengurangi resiko bencana. Pengukuhan ini diharapkan juga semakin memantapkan kesiap-siagaan relawan dalam menghadapi bencana.

BPBD juga sudah memetakan daerah yang rawan banjir, rawan longsor dan rawan terjadinya angin puting beliung sehingga warga yang tinggal di daerah zona merah tersebut diminta meningkatkan kewaspadaannya."Sosialisasi terus kita lakukan dan bagaimana caranya menyelamatkan diri ketika potensi bencana tersebut terjadi," terangnya.  
2020-02-24
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul