Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Danramil 05 Banguntapan Dampingi Pengunduran Penerima PKH Kecamatan Banguntapan
Banguntapan,25/02/2020     Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga pra sejahtera. Program ini ditujukan bagi keluarga penerima manfaat atau KPM PKH. PKH menjangkau masyarakat dalam kategori pra sejahtera. Sehingga mereka dapat mengakses berbagai fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan.   

Komponen yang melekat dalam KPM PKH yang diantaranya adalah ibu hamil, balita, anak sekolah jenjang pendidikan SD,SMP, SMA/K, lansia usia minimal 70, serta disabilitas berat. Sehingga mereka dapat terpenuhi kebutuhan dasarnya dari aspek kesehatan dan pendidikan.“PKH di wilayah Kecamatan Banguntapan sendiri terbagi dalam 8 desa. Yakni, Desa Baturetno, Banguntapan, Jagalan, Singosaren, Tamanan, Wirokerten, Jambidan dan Potorono.Camat Banguntpan Drs. Fauzan Mu’arifin di dampingi Danramil 05 Banguntapan kapten infantri Nuryanto mengatakan, acara pengunduran diri peserta PKH di Kecamatan Banguntapan merupakan yang pertama di tahun 2020. Acara tersebut untuk memotivasi KPM PKH yang secara ekonomi sudah berkembang menjadi keluarga sejahtera untuk mundur dari kepesertaan PKH.   

Seiring berjalannya waktu, data KPM PKH mengalami perubahan yang signifikan. Mengingat pertumbuhan ekonomi masyarakat yang sangat dinamis. Sehingga tidak menutup kemungkinan masyarakat yang semula secara ekonomi masuk dalam daftar masyarakat miskin. Kini menjadi masyarakat yang secara ekonomi sudah mampu berjalan secara mandiri tanpa bantuan sosial PKH dari pemerintah.

“Besar harapan, peserta PKH yang telah mengundurkan diri kehidupannya semakin sejahtera, usahanya semakin berkembang. Bahkan mampu memberdayakan masyarakat pra sejahtera di lingkungan sekitarnya. Mereka dapat menjadi percontohan bagi KPM lain yang kehidupannya sudah sejahtera untuk berpartisipasi mengundurkan diri sehingga turut berkontribusi mensukseskan upaya pengentasan kemiskinan,” papar Fauzan.Dalam kegaitan tersebut Kecamatan Banguntapan mengundang 60 KPM PKH yang berdasarkan aset kekayaan sudah dipandang sejahtera dari jumlah total keseluruhan KPM sebanyak 4.011 anggota. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Banjamsos Kabupaten Bantul Anwar Nur Fahrudin S.STP, M.Eng, Danramil 05/ Banguntapan, Kepala KUA Banguntapan, serta Koordinator PKH Kabupaten Bantul,Menurut Fauzan, masih banyaknya warga pra sejahtera terutama lansia yang secara fisik tidak menunjang untuk mencari nafkah bagi hidupnya sendiri. 

Sehingga, idealnya KPM yang sudah sejahtera diharapkan mengundurkan diri dari peserta PKH. Dengan demikian ketika peserta PKH berkurang dapat dimungkinkan kuota peserta PKH dapat dimanfaatkan untuk menjangkau warga pra sejahtera lainnya yang jauh lebih membutuhkan.
2020-02-25
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul