Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
BABINSA KORAMIL DLINGO HADIRI UNDANGAN DI WILAYAH
Babinsa Desa Terong Serda Martadi dampingi Tim penilai lomba Desa tingkat kecamatan yang di laksanakan di balai desa Terong Desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul hari minggu tgl 29 feb 2020.  Hadir sekda kab bantul p Helmi  jamharis , camat bpk deni ngajis ,Babinsa Dlingo, forkopincam , lurah bpk sugiyono ,pamong desa terong, dan tim yuri 30 org.

Penilaian kali ini menitik beratkan pada kegiatan Posyandu dan Pemanfaatan Lahan pekarangan,  tim juri akan melakukan penilaian yang meliputi lima indikator, yakni yang pertama adalah Administrasi Posyandu yang terdiri dari kelembagaan Posyandu, pengelolaan Posyandu, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi, lalu yang kedua adalah Hari Buka Posyandu dan Kemampuan Kader yang meliputi mulai pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan serta kegiatan tambahan penunjang kesehatan. 

Untuk indikator yang ketiga adalah Peran Serta Masyarakat Terhadap Hasil Kegiatan Posyandu dan Peran Tim Pokjanal Posyandu yang meliputi opini masyarakat tentang Posyandu yang bersangkutan, pembiayaan Posyandu, sumber daya dan sumber dana, pendataan hasil kegiatan, pendataan bayi, Balita dan Bumil di Posyandu, keberadaan Pokjanal Posyandu di tingkat Desa, dan kontribusi serta pembinaan yang telah dilakukan oleh Pokjanal.

Indikator keempat adalah Program Inovasi dan Pelayanan Posyandu, yang meliputi penilaian kehadiran tim Pokjanal Posyandu, penilaian inovasi Posyandu, penilaian program-program Posyandu, penilaian peran serta instansi terkait seperti Puskesmas, Petugas Lapangan Keluarga Berencana, dan inovasi Posyandu pada saat kunjungan penilaian.  

Sedangkan indikator penilaian terakhir yakni Pembinaan Posyandu, seperti pembentukan Pembina, susunan dan peran Pembina Posyandu, serta kegiatan pembinaan.Posyandu Sebagai Ujung Tombak Kesehatan Ibu dan Anak Bukan tanpa alasan  dikarenakan fungsi vital Posyandu sebagai ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mencakup lima fungsi pelayanan, yakni pemantauan pertumbuhan, penyuluhan gizi dan kesehatan, imunisasi, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan dasar.  

Selain itu juga adanya lomba ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan Balita di Posyandu, meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader Posyandu, juga meningkatkan pengetahuan dan peran serta masyarakat akan pentingnya Posyandu dalam peningkatan gizi dan kesehatan.

Kemudian dalam penilaian lomba pemanfaatan pekarangan yang dinilai tentang kreativitas, manfaat tanaman yang ditanam, Keindahan dan  kerapihan sekeliling perumahan.   Diharapkan, nantinya apabila salah satu Posyandu yang keluar sebagai juara akan menularkan ilmunya kepada Posyandu yang lain
2020-02-29
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul