Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
DANRAMIL 02 SEDAYU HADIRI RAKOR TENTANG RENCANA EKSEKUSI RUMAH DAN PEKARANGAN
Sedayu -  Rapat Koordinasi rencana Pelaksanaan Eksekusi rumah dan pekarangan di Dsn Ngentak argorejo sedayu bantul di ruang rapat pengadilan negeri bantul, selasa tgl 3 maret 2020, pkl.10.30 s-d selesai. Dalan rakor tersebut  dipimpim oleh Bapak Ketua panitera Pengadilan Negeri bantul.

Hadir dalam rakor tersebut ka panitera pengadilan negeri bantul dan staf, Danramil 02 sedayu, Kapolsek sedayu, Lurah desa argorejo, pihak pemohon dan advokat yang di beri kuasa.   Bapak Ketua panitera Pengadilan Negeri bantul  Bp. Hasibuan, SH.,MH menghendaki semua transparan baik dalam hal rapat pra pelaksanaan eksekusi maupun sampai tahap pelaksanaannya. 

Di awali dengan Bapak Ketua panitera Pengadilan Negeri bantul, membacakan kronologi sampai dengan membacakan putusan Kasasi dalam hal ini Ketua panitera Pengadilan Negeri sebagai Penegak Hukum Pelaksana Eksekusi dan disampaikan oleh Bapak Ketua panitera Pengadilan Negeri bantul, bahwa Eksekusi adalah Mahkotanya Ketua Pengadilan Negeri sehingga dalam hal ini perlu Ketua panitera Pengadilan Negeri bantul bertindak dengan berasaskan Keadilan melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. 

Di dalam pelaksanaan ini disampaikan Bahwa Ketua panitera Pengadilan Negeri sudah melakukan sesuai prosedur dan dikatakan aman dari segala fitnah dan laporan apapun, karena beliau Bapak Ketua panitera Pengadilan Negeri bantul juga sudah melakukan check list apa-apa yang harus dilakukan karena Putusan Kasasi sudah turun sehingga Ketua Pengadilan Negeri bantul perlu segera melaksanakan dan menjadi prioritas. Kemudian Bapak Ketua panitera Pengadilan Negeri bantul memberi kesempatan kepada Perwakilan polsek untuk memberikan masukan. 

Dan dalam hal ini polsek mendukung apa yang menjadi langkah Ketua Pengadilan Negeri bantul karena sudah sesuai dengan Hukum dan akan menunggu konfirmasi untuk mengerahkan pasuka bila perlu untuk langkah pengamanan eksekusi apabila diperlukan. Dilanjutkan dengan kesempatan diberikan kepada Polsek untuk memberi masukan. Polsek juga siap dan mendukung apa yang menjadi langkah hukum untuk pelaksanaan eksekusi yang akan dilakukan pada tanggal 18 maret 2020. 

Akan tetapi dihimbau sebelum pelaksanaan masih ada rentang waktu lebih kurang 1 minggu kedua belah pihak untuk membicarakan sehingga apabila terdapat kabar baik agar disampaikan kepada Ketua Pengadilan Negeri bantul, Kesempatan juga diberikan kepada Lurah Desa argorejo sedayu. bahwa Lurah argorejo mendukung langkah hukum yang akan dilakukan untuk pelaksanaan eksekusi dan menjadi siap menjadi Pos dalam pelaksanaannya. Dihimbau agar jangan sampai terjadi kekerasan, agar semua bisa dibicarakan dengan baik-baik pada pelaksanaannya eksekusi pengosongan berjalan dengan lancar, Pihak termohon bisa menerima apa yang sudah menjadi keputusan pengadilan.  

Dilanjutkan dengan kesempatan alat negara lain yaitu perwakilan dari Koramil. Waktu juga diberikan kepada Pemohon  untuk menyampaikan tentang pelaksanaan eksekusi pengosongan dan sebagai pemohon meminta agar eksekusi tetap dilaksanakan. Dilanjutkan dengan waktu diberikan kepada Termohon dengan didahulukan kepada Advokat Bp. Galih Wiryanto, SH yang telah diberi kuasa dan dilanjutkan dari Termohon. 

Rapat Koordinasi berjalan dengan, lancar kedua belah pihak mengerti dan memahami bahwa Pelaksanaan Eksekusi akan dilaksanakan tanggal 18 maret 2020, akan tetapi Bapak Ketua Pengadilan Negeri bantul menyampaikan telah diberikan waktu seluas-luasnya diluar pengadilan untuk membicarakan dari hati ke hati antara kedua belah pihak. 

Dikatakan Bapak Ketua bahwa pelaksanaan Eksekusi dapat dimohonkan apabila ada dugaan kuat pihak Termohon tidak sukarela melaksanakan isi putusan, maka tetap dilaksanakan prosedur eksekusi sejak penyampaian peneguran dengan waktu 8 hari setelah menerima. 

Apabila terlewatkan tidak secara sukarela akan tetapi dengan upaya paksa. Prosedur semua sudah selesai dilaksanakan dan Pengadilan sudah memberikan kesempatan. 
2020-03-03
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul