Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Koramil 05 Banguntapan Bersama Muspika Sosialisasi Etika Batuk
Banguntapan, 12/03/2020      Semua orang pasti pernah mengalami batuk atau bersin. Batuk bukan merupakan suatu  penyakit, tetapi merupakan manifestasi dari penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Penyakit yang bisa menyebabkan batuk sangat banyak sekali mulai dari infeksi, alergi, inflamasi bahkan keganasan.Batuk dapat disebabkan oleh alergi seperti debu atau asap. 

Bahkan beberapa orang batuk dikarenakan penyakit infeksi seperti TBC, flu, bronkitis atau penyakit radang paru lainnya.Sekarang apa yang kita rasakan apabila ada orang yang batuk atau bersin sembarangan di depan kita? Apalagi batuk berdahak dan buang ludah sembarangan, mungkin kita merasa tidak nyaman dan risih. Tak sedikit ketika sedang berada di tempat umum orang batuk dengan seenaknya tanpa memperhatikan etika batuk. 

Terkadang kita beranggapan batuk itu hanya mengeluarkan bunyi, akan tetapi tanpa kita sadari batuk atau bersin akan mengeluarkan virus atau bakteri dari hidung dan mulut kita. Sehingga bakteri atau virus tersebut akan terbang di udara bebas dan jika orang lain menghirup udara yang sudah terkontaminasi oleh bakteri atau virus tersebut maka dapat menularkan penyakit. Penyebabnya adalah belum memahami tentang cara etika batuk.     

Untuk itu Koramil 05 Banguntapan beserta muspika kecamatan Banguntapan pada hari Rabu tanggal 11 Maret 2020, mengadakan sosialisasi etika ketika batuk.Etika batuk adalah tata cara batuk yang baik dan benar, dengan cara menutup hidung dan mulut menggunakan tissue atau lengan baju. Sehingga bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain. Tanpa kita sadari inilah kebiasaan batuk yang salah :Tidak menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersinMembuang dahak di sembarang tempat.

Tidak menggunakan masker saat batuk maupun bersinMembuang atau meletakkan tissu yang sudah di pakai disembarangan tempatTidak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup hidung dan mulutBerikut langkah- langkah etika batuk yang benar :Tutup hidung dan mulut anda dengan menggunakan tisu atau sapu tangan saat bersin atau batuk Tutup hidung dan mulut anda dengan menggunakan lengan dalam baju bukan dengan telapak tangan saat batuk atau bersin.

Segera buang tisu yang sudah di pakai ke dalam tempat sampahCuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alcoholGunakan masker.
2020-03-12
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul