Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
DANRAMIL 02 SEDAYU HADIRI DAN MEMOTIVATOR GIAT PERTEMUAN PEJUANG IJAB QOBUL KEC SEDAYU
Sedayu - Pejuang Ijab Qobul (PIQ) kec sedayu menggelar sarasehan di Resto Candi Mas jln Wates Km 11 Dsn Bandot lor Rt 33 Argorejo Sedayu Bantul sabtu tgl 14 maret 2020, pkl. 13.00 s-d selesai.Hadir dalam acara tersebut Bpk Sarjiman SIP ME Camat Sedayu,  Kompol Ardi Artana SH.MH, Kapten Inf Diya S Danramil 02 sedayu, Bpk Wiwit Gunarto ketua pejuang Ijab qobul DIY, Bpk Purwanto SN relawan pejuang Ijab qobul. Dan di hadiri kurbih 50 Orang. 

Acara ini dipandu oleh Ibu Sulistyowati. Adapun susunan acara sbb ;- Pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya- Sambutan ketua pejuang Ijab qobul DIY- Pembekalan oleh Forkompimcam kec sedayu Camat, Danramil, Kapolsek.Dalam pertemuan ini mengambil tema Mempererat Tali Silaturohim Antat Pejuang Ijab Qobul Di Wilayah Jogja Barat agar tetap solid dan bersatu untuk selalu semangat pantang menyerah. Visi dan misi melestarikan budaya leluhur dari Sultan HB IX Ngayogjokarto Hadiningrat, Gubernur DIY harus keturunan Kasultanan Ngayogjokarto Hadiningrat, Wagub DIY harus keturunan Paku Alam, pejuang Ijab Qobul harus menjaga UUD,Th 1945 dan Pancasila, NKRI HARGA MATI.

Dalam pertemua ini,  yang diangkat adalah kawal Undang-Undang Keistimewaan (UUK) DIY Demi NKRI. Yakni, UU RI No 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta. Ketua pejuang Ijab Qobul mengungkapkan, banyak orang yang tidak mengetahui makna atau filosofis Tugu Yogyakarta.Jika selama ini banyak yang beranggapan bahwa budaya adalah kesenian saja maka anggapan tersebut keliru. Sebab, budaya mencakup berbagai hal yaitu cara berpikir, bersikap dan memutuskan sesuatu. Budaya satria diharapan sampai keranah RT, RW bahkan keluarga. 

Beliau juga menyinggung mengenai simbol-simbol yang ada dalam Yogyakarta. Sebab, simbol tersebut mengandung filosofis dari budaya yang mencerminkan tingkah laku. Budaya ksatria, ngawiji, greget sembuh ora ngiguh. Seperti hanya dalam Tugu Yogyakarta yang seharusnya Lugu Golong Gilig yang berarti kesatuan dan persatuan“Dalam agama Islam Golong Gilig yaitu Habluminallah dan Habluminannas, kesatuan dan persatuan inti dari Pancasila. 

Simbol adalah harapan dan doa. Golong gilig itu atas bolong bawah silinder, tidak ada sudut atau sekat sama sekali ini adalah bentuk yang sempurna jadi hubungan antara manusia satu dengan manusia yang lain tidak ada perbedaan sama sekali,”  Bpk Wiwit Gunarto mengatakan sarasehan yang diselenggarakan Pejuang Ijab Qobul sebagai ajang silaturahmi dan diskusi dengan para tokoh masyarakat yang dahulu ikut memperjuangan Keistimewaan Yogyakarta. “Kami akan terus mengawal Keistimewaan Yogyakarta. 
2020-03-14
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul