Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Danramil 15/Sanden Bersama Forkopincam Turut Damaikan Demo Tolak Pembangunan BMT
Rabu  26 Agustus 2020 pukul 09.00 wib di Sub Terminal Agrobisnis (Status Sultan Ground) di Dusun Ngepet, Desa Srigading, Kecamatan  Sanden, Kab. Bantul telah didatangi massa dari warga Dusun Ngepet dan Kelompok Tani Cabe Merah Pesisir Selatan terkait adanya sewa Sub Terminal Agrobisnis oleh Bank BMT Artha Amanah yang beralamat di Pucang Anom, Murtigading Sanden, Bantul. 

Menurut informasi demo dilakukan karena pembangunan BMT tanpa adanya sosialisasi terlebih dahulu dengan warga masyarakat dan kelompok Tani Cabe Merah yang dipimpin oleh Sunaryadi Ceblok Ketua Paguyuban Sub Terminal Agrobisnis dan Bandi Ketua Kelompok Tani Cabe Merah yang diikuti sekira 50 orang. Aksi demo warga pagi itu diawali pukul 09.00 WIB massa dari Dusun       Ngepet dan Tegalrejo mulai berdatangan di lokasi Sub Terminal Agrobisnis (STA).Pukul 09.35 WIB Camat Sanden Drs. Bangun Rahina Mm datang di lokasi dilanjutkan audensi di pelataran STA yang turut dihadiri jajaran Forkopincam antara lain :Camat Sanden Drs. Bangun Rahina Mm, Kapolsek Sanden Akp Tukirin, Danramil 15/Sanden Kapten Infantri  Surono,  Dra. Retno Wukirwidiasih Map Pjs  Lurah Srigading, Juliadi Rastyanto Perwakilan BMT, Babinsa Sertu Supardi dan Koptu Eka Nurcahyo, jajaran Polsek Sanden, dan warga masyarakat.

Ketua Kelompok Tani Cabe Merah Subandi dan Sunaryadi Ketua Paguyuban Sub Terminal Agrobisnis menyampakan yang intinya bahwa STA merupakan bantuan dari pemerintah kepada Kelompok Tani Cabe Merah untuk dikelola dan untuk melakukan perdagangan, tetapi sehubungan bangunan sudah rusak selanjutnya warga masyarakat Kelompok Tani Cabe Merah untuk sementara pindah ke rumah warga kelompok tani cabe merah,"ungkapnya.Tanpa adanya sosialisasi terlebih dahulu dengan Kelompok Tani Cabe Merah atau warga masyarakat Dusun  Ngepet, ada informasi bahwa lokasi STA saat ini telah disewakan kepada BMT oleh Pemerintah Desa Srigading yang akan segera direnovasi tanpa adanya sosialisasi dengan warga masyarakat. Terkait dengan adanya rencana  tersebut pada intinya warga masyarakat Dusun  Ngepet dan Kelompok Tani Cabe Merah Pesisir Kidul sepakat menolak adanya rencana renovasi dari BMT di lokasi STA." Ucapnya lagi.

Sementara Camat Sanden Drs. Bangun Rahina Mm menyampaikan bahwa Tanah STA merupakan tanah SG dan sehubungan belum ada kesepakatan maka permasalahan pembangunan yang akan dilakukan oleh BMT sementara dihentikan sampai ada kesepakatan terkait masalah ini, dan apa yang menjadi aspirasi dari warga Dusunn Ngepet dan Kelompok Tani Cabe Merah akan kami sampaikan kepada Pemerintah Daerah Kab. Bantul karena kami sebagai Pemerintah Desa tidak mempunyai kewenangan terkait penyelesaian masalah ini", Ucapnya.Saya meminta kepada pihak BMT untuk sementara terkait rencana renovasi STA agar dihentikan terlebih dahulu sampai situasi dan permasalahan ini selesai." Jelasnya lagi.
2020-08-26
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul