Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Babinsa Peduli Temu Cepat Lapor Cepat
Pundong- Komunikasi sosial (Komsos) merupakan salah satu metoda Binter, merupakan wahana untuk mencapai kesepahaman dan kesamaan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan didarat kepada seluruh komponen bangsa, termasuk komponen masyarakat. Komsos dengan masyarakat perlu dijaga, dan terus ditingkatkan sehingga menumbuhkan kepedulian dan kepekaan terhadap berbagai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial.Komsos bagi seorang Babinsa harus sering-sering dan wajib dilakukan. 

Sebagai seorang aparat kewilayahan, komsos dapat dilakukan dengan berbagai bentuk, seperti pertemuan, anjangsana, diskusi dll. Komsos tidak mengenal tempat atau waktu-waktu tertentu, karena prinsipnya komsos dilakukan dengan tujuan untuk menjalin kedekatan dengan siapa saja, tidak mengenal status sosial, jabatan, profesi dan seberapa banyak ia punya harta kekayaan.

Babinsa harus terus melakukan komsos sebagai bentuk pendekatan kepada masyarakat diwilayahnya, seperti yang dilakukan oleh Sertu Dwiyanto Babinsa Panjangrejo Koramil 12/Pundong Kodim 0729/Bantul. Kamis (27/08/2020).

Linmas sebagai mitra Babinsa, tentunya mempunyai informasi yang bermanfaat dan dapat mendukung tugas-tugas Babinsa dilapangan. Menurut Sertu Dwiyanto, Linmas sangat cocok sebagai obyek binaan oleh Babinsa selaku aparat kewilayahan, yang nanti nya dapat dijadikan sebagai jaring Ter yang dapat mendukung dalam memperoleh informasi yang berguna bagi Babinsa diwilayah binaannya.

Senada dengan Lettu Inf Wahana selaku Danramil 12/Pundong , selalu memberi penekanan kepada Para Babinsanya, agar selalu aktif melakukan komunikasi bersama masyarakat diwilayah binaan dengan sebaik-baiknya dan tidak perlu memandang status sosialnya.

Babinsa termasuk badan pengumpul keterangan (Bapulket), yang harus mempunyai kemampuan untuk deteksi dini dan cegah dini, sehingga Babinsa harus dapat bertindak temu cepat dan lapor cepat. Sesegera mungkin dapat melaporkan setiap perkembangan situasi yang berkembang di wilayah binaan dengan cepat, agar informasi yang disampaikan tidak usang/basi, akan tetapi bermanfaat untuk pimpinan mengambil suatu kebijakan.

Danramil selalu memberikan apresiasi dan reward kepada setiap Babinsa yang telah sungguh-sungguh melaksanakan komsos terhadap masyarakat diwilayah yang merupakan tanggung jawabnya. Sehingga Binter dapat berjalan dan dalam rangka menghadapi tuntutan tugas sebagai seorang Babinsa,ia harus bisa melaksanakan temu cepat dan lapor cepat, pungkasnya. 
2020-08-27
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul