Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
BABINSA ARGOSARI MENGHADIRI PENYULUHAN PENGELOLAAN SAMPAH
Babinsa argosari serka hartono mengahadir Penyuluhaan penglolaan sampah rumah tangga diaula desa argosari kecamatan sedayu. sabtu (3 /10/ 2020) pukul 09.00 wib Dalam pelaksanakan  kegiatan penyuluhan tentang pengolahan sampah .  pengabdian pada masyarakat dilatar belakangi oleh kesadaran dan perilaku masyarakat yang masih belum peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dalam hal menjaga kebersihan lingkungan, perlu adanya kesadaran dalam pengelolaan sampah, khususnya sampah rumah tangga. 

Desa argosari sedayu bantul yg di hadiri Dinas lingkungsn hidup kab bantul ,  Dr puskesmas , babinsa ,babinkamtibmas  ,ibu ibu pkk , karang taruna   merupakan daerah yang memiliki masalah dalam mengelola sampah rumah tangga. Kurang pedulinya warga dalam mengelola sampah dan tidak adanya tempat pembuangan akhir mengakibatkan sering terjadi banjir dan longsor di beberapa titik di daerah tersebut. 

Tujuan: Tujuan dari kegiatan ini adalah agar warga Desa argosari  memiliki kesadaran bahwa sangat penting mengelola sampah rumah tangga dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan menyediakan tempat pembuangan sampah. Sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya banjir dan longsor .  Metode: Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara memberikan penyuluhan tentang jenis-jenis sampah rumah tangga, pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan penyediaan tempat pembuangan akhir. 

Dalam penyuluhan warga juga diminta untuk mengisi kuisioner sebelum dan sesudah pemaparan materi untuk mengetahui tingkat pemahaman serta kesadaran warga. Hasil dari kegiatan menunjukkan sebelum penyuluhan, hanya 33,33% warga yang mengetahui jenis-jenis sampah rumah tangga dan hanya 53,33% warga yang memiliki kesadaran pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Setelah penyuluhan, seluruh warga menjadi tahu jenis-jenis dan menyadari pentingnya pengelolaan sampah rumah tangga. 

Kesimpulan: Dari kegiatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa warga Desa argosari  sangat antusias dan bertambah tingkat pemahaman serta kesadarannya terhadap pengelolaan sampah. Selain itu, perlu adanya kegiatan sosial seperti penyuluhan, pendampingan, maupun pemberian bantuan fasilitas tempat pembuangan sampah yang memadai dari pemerintah untuk mendorong kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Dan tidak lupa babinsa menghimbau tetap menjaga protokol kesehatan  dengan jaga jarak  ,pake masker ,cuci tangan untuk memutus mata rantai covid 19 agar segers  hilang atao mengurangi  resiko tertular . "ujarnya serka hartono
2020-10-03
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul