Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Babinsa Koramil 05 Banguntapan Pendampingan Imunisasi Bias
Banguntapan, 09/11/2020  Bulan imunisasi anak sekolah atau di singkat  dengan  BIAS,Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kota di Indonesia. Program imunisasi BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus. Para guru dan orangtua perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat.

Kegiatan yang di selenggarakan oleh Puskesmas 2 Banguntapan, di MI Al Islamiah dusun Grojogan , Wirokerten Banguntapan Bantul, di dampingi Babinsa Koramil 05 Banguntapan sertu Triyono, bersama Babinkamtibmas serta pengajar dari sekolah dasar Wirokerten,Namun, hanya 3 imunisasi wajib berulang yang akan diberikan pada saat BIAS, antara lain:Imunisasi campak, pentingnya pemberian imunisasi measles rubella (MR) untuk menghindarkan anak dari risiko cacat hingga kematian. 

Dengan pemberian vaksin campak melalui program tahunan ini, pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menghilangkan penularan dan populasi virus campak dan Rubella di tahun 2020 dan Indonesia bebas penyakit campak dan Rubella.Yang kedua imunisasi difteri tetanus (DT)Biasanya pemberian imunisasi difteri tetanus (DT) juga diberikan secara berulang pada anak sekolah kelas 1 SD. Selanjutnya, imunisasi DT juga dapat diberikan lagi saat anak berusia 12 tahun.

Imunisasi ini sangat penting diberikan karena difteri merupakan penyakit infeksi bakteri yang menyerang selaput lendir pada hidung serta tenggorokan. penyakit ini membentuk lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan, yang dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bahkan yang lebih parahnya lagi bisa menyebabkan kerusakan saraf, ginjal, dan jantung.

Dan yang ketiga adalah, Imunisasi tetanus (Td)Vaksin TD (tetanus dan difteri) merupakan vaksin lanjutan dan diberikan sebagai dosis keenam dan ketujuh pada anak yang sebelumnya rutin menerima vaksin DPT atau DPT/Hib. 

Pemberiannya dilakukan ketika anak berusia 10–12 tahun dan 18 tahun.Penyakit tetanus ini merupakan hal yang serius karena disebabkan oleh infeksi bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini banyak terdapat di tanah, lumpur, dan kotoran hewan atau manusia.
2020-11-09
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul