Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Koramil 04/Sewon Mengikuti Pemetaan Tanah Kas Desa
PENDOWOHARJO SEWON—13/11/2020 Pemetaan tanah kas desa di Pendowoharjo Sewon Bantul belum berjalan maksimal. Dari 18 pedukuhan baru Lima belas desa yang tanah kasnya sudah dipetakan.Oleh karena itu, PJs Lurah Desa Pendowoharjo memberikan batas waktu kepada setiap para dukuh untuk memetakan tanah kas di dusun mereka masing-masing setidaknya hingga 31 Januari 2019. 

Batas waktu itu, kata PJs Lurah Pendowoharjo, ditetapkan agar pihaknya bisa segera mengetahui secara pasti berapa luas tanah kas di masing-masing dusun dan desa.Terlebih, menurut dia, selama ini banyak beredar kabar pengurangan tanah kas desa akibat penyalahgunaan pemanfaatan. Belum lagi banyaknya tanah kas desa yang ditukargulingkan sebagai bentuk konsekuensi terhadap penggunaan tanah kas desa tersebut.

"Dari hasil pengamatan kami setiap tahun terjadi pengurangan luas tanah kas desa. Sementara untuk tukar guling, sebenarnya tak masalah asalkan penukargulingan itu jelas dan tak melanggar aturan.
Kepala seksi pemerintahan (kasipem) desa Pendowoharjo mengatakan invetarisasi tanah kas desa sejauh ini baru menyentuh limabelas dusun ,Diakui dia kendala yang dihadapi saat mengukur tanah kas desa cukup kompleks, seperti misalnya faktor bencana alam, kondisi geografis tanah, dan belum adanya tim khusus pengukur.

Selain itu dia juga tak menampik pengurangan luas lahan tanah kas desa juga disebabkan oleh faktor manusia. Salah satunya adalah pendirian bangunan oleh warga di atas tanah tersebut.Lebih lanjut, dia menjelaskan tanah desa sejatinya ada empat jenis, yaitu tanah kas desa; tanah pengarem-arem; tanah kepentingan u
2020-11-13
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul