Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
PAMINAL POLRI POLRES BANTUL KUNJUNGAN KE POSKO PPKM MIKRO KALURAHAN PENDOWOHARJO
PENDOWOHARJO SEWON ,Kamis 4/3/2021   Guna memastikan efektifitas pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro di Bantul khususnya Sewon termasuk di dalamnya Kalurahan Pendowoharjo yang telah di mulai 9 Februari 2021 setelah adanya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM Berbasis Mikro,PAMINAL POLRI Polres Bantul melakukan kunjungan sekaligus peninjauan sejumlah tempat di posko PPKM Mikro Tingkat RT di Kalurahan Pendowoharjo, ujarnya.       

Babinsa Pendowoharjo Serda Hendro mendampingi kunjungan kerja PAMINAL POLRI Polres Bantul meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di Kalurahan Pendowoharjo Kapanewon Sewon, terangnya.Bersama para Forkopimkal melihat secara dekat keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan PPKM berskala Mikro yang ditempatkan di Posko PPKM Mikro Kalurahan Pendowoharjo Kapanewon Sewon, jelasnya.

Lurah Pendowoharjo menyebutkan pelaksanaan PPKM Mikro yang digaungkan pemerintah telah diinisiasi sebelumnya di Kalurahan Pendowoharjo dengan kampung tangguh covid19, ungkapnya.Kampung Tangguh covid19 di dusun diro Kalurahan Pendowoharjo  sebenarnya merupakan embrio dari PPKM Mikro. Maka, ketika para relawan dan satgas yang telah bertugas di Kampung Tangguh  Kalurahan Pendowoharjo bisa difungsikan pada PPKM Mikro  secara otomatis KTS  terkonversi  menjadi PPKM Mikro, jelasnya. "Semuanya sudah menyatu di Kampung Tangguh covid19 di dusun diro dan kemudian di pertajam melalui PPKM Mikro. 

Terlebih, setelah adanya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Berbasis Mikro," ungkapnya.Tak hanya itu, pelaksanaan Kampung Tangguh  sebagai satuan terkecil dari penanganan covid-19 berperan signifikan  selama ini sehingga ketika diberlakukan PPKM Mikro langsung dapat dikonversi karena berbagai persyaratan telah terpenuhi.              

Misalnya mereka telah  melakukan edukasi dan  disiplin prokes, isolasi skala mikro secara bergotong royong serta relawan dan satgas.Kampung Tangguh yang saat ini disebut   PPKM Mikro di dusun diro memiliki beberapa indeks ketangguhan yang bisa digunakan untuk mengukur kesiapan pelaksanaannya. 

Salah satu indeksnya adalah Tangguh Logistik, Tangguh SDM, Tangguh Informasi, Tangguh Kesehatan, Tangguh Keamanan dan Ketertiban, Tangguh Budaya dan Tangguh Psikologis.  Saat ini di Kalurahan Pendowoharjo terdapat 94 RT terdiri dari 82 RT zona hijau dan 12 zona kuning , wilayah RT yang masuk zona kuning dia antaranya di RT 01 RT 06 RT 08 RT 19 RT 40 RT 55 RT 57 RT 58 RT 83 RT 85 RT 93 RT 94 untuk zona orange dan zona merah nihil, jelasnya.

Lurah Pendowoharjo menyebut bahwa, terdapat beberapa strategi untuk mendapatkan efektifitas program ini  yakni mengoptimalkan peran covid hunter, melaksanakan Posko PPKM Mikro Tingkat RT Kalurahan Pendowoharjo dimana dalam pelaksanaan tugasnya melibatkan Satlinmas, Babinsa , Bhabinkamtibmas, FPRB Relawan Tokoh Masyarakat dan lainnya.

PAMINAL POLRI Polres Bantul Optimis PPKM Mikro di Kalurahan Pendowoharjo Kapanewon Sewon Efektif Turunkan Covid-19 dan Puji Posko PPKM Mikro Tingkat RT di Kalurahan Pendowoharjo, ungkapnya.Sementara itu, seusai melihat dengan dekat pelaksanaan PPKM Mikro sekaligus menyaksikan langsung keterlibatan masyarakat dalam memutus penyebaran Covid-19, PAMINAL POLRI Polres Bantul mengaku yakin dan optimis bahwa kegiatan yang dimulai dari tingkat RT bisa efektif menurunkan angka penyebaran.

Terlebih, jika semua saling bahu membahu untuk meningkatkan kewaspadaan agar membantu dan menjaga satu dengan yang lainnya. Tak hanya itu, kepedulian masing masing masyarakat di lini terbawah menjadi modal penting agar penyebaran Covid-19 di Kalurahan Pendowoharjo Kapanewon Sewon bisa berhasil di tekan bahkan di turunkan.Khusus di Posko PPKM Mikro Tingkat RT Paminal polri memuji dan mengapresiasi peran serta masyarakat di dalam keterlibatannya menjaga lingkungan untuk menciptakan solid
2021-03-04
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul