Selamat datang di website Kodim 0729/Bantul

Info Pendaftaran Untitled Document
Danramil 02 Sdy Kapten Chb Sarmin Mengahadiri Undangan Sosialisasi Bhenika Tungal Ika di Aula Kapane
Sedayu  Rabu 17 Maret 2021 pukul 08.00 sampai dengan selesai  Danramil 02/Sedayu Kapten Chb Sarmin menghadiri Undangan tentang  Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika dengan tema Nilai - Nilai Kebhinekaan Dalam Bingkai Keistimewaan DIY yang diselenggarakan oleh  Kesbangpol DIY di Aula Kapanewon Sedayu.A. Susunan Acara :

1.Pembukaan2.Menyanyikan Lagu Indonesia Raya3.Sambutan dan Pembukaan acara 4.Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika dari Kepala Badan Kesbangpol DIY.5.Doa6.Penutup.B. Hadir dalam kegiatan .Markus Suwarisman Kepala Sub Bidang Sosial Budaya Badan Kesbangpol DIY.Kepala Kesbangpol Kab.Bantul yang mewakili.Panewu Sedayu Sarjiman SIP ME.Kasikum Polsek Sedayu Aiptu Sukardi  mewakili Kapolsek Sedayu.Kapten Chb Sarmin Danramil Sedayu.

Danang Prasetya Akademisi Sekolah Pariwisata Amburukmo.Bp.Munbazigh Kep. KUA Sedayu.Peserta lk 20 OrangC. Sambutan Kepala Badan Kesbangpol DIY Menyampaikan Tugas Pokok dan Fungsi  Kesbangpol DIY :1. TugasBadan Kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai tugas menyelenggarakan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang kesatuan bangsa dan politik.2. Fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai fungsi:- Penyusunan program Badan;- Perumusan kebijakan teknis dan pembinaan urusan bina ideologi, wawasan kebangsaan, karakter bangsa, politik dalam negeri, ketahanan ekonomi, sosial, budaya, agarna, organisasi kemasyarakatan, penanganan konflik, dan kewaspadaan nasional;- 

Pelaksanaan fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan urusan bina ideologi, wawasan kebangsaan, karakter bangsa, politik dalam negeri, ketahanan ekonomi, sosial, budaya, agama, organisasi kemasyarakatan, penanganan konflik, dan kewaspadaan nasional;- Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan kebijakan bidang bina ideologi, wawasan kebangsaan, karakter bangsa, politik dalam negeri, ketahanan ekonomi, sosial, budaya, agama, organisasi kemasyarakatan, penanganan konflik, dan kewaspadaan nasional;- Penyelenggaraan kegiatan kesekretariatan;Penyusunan laporan pelaksanaan tugas Badan;- Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubemur sesuai dengan tugas dan fungsi Badan.D. Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika :

1. Latar Belakang- DIY sebagai salah satu daerah Istimewa di NKRI memiliki masyarakat dengan berbagai Latar Belakang Agama, Suku dan Budaya. Rasa kebhinekaan Tunggal Ika dinilai sangat penting untuk terus dipupuk dan aplikasi dalam setiap sendi -sendi Kehidupan.2. Dasar Hukum- UU No.13 THN. 2012 ttg Keistimewaan DIY- UU No. 09 THN. 2015 ttg Perubahan Kedua atas UU No. 23 THN. 2014 ttg Pemerintahan Daerah.- PP - RI No. 12 THN. 2006 ttg Pengelolaan Keuangan Daerah.- Perda Prop. DIY No. 07 THN. 2008 ttg Organisasi dan Tata Kerja Badan Inspektorat, Lembaga Teknis, Daerah dan Sat.pol. PP Prop. DIY.- Dokumen Pelaksanaan Anggaran ( DPA ) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY tahun Anggaran 2021 No. DPA/A. 1/8. 01.9.02.2.22.01.000/001/2021 Tgl. 4 Januari 2021.3. Makna Bhineka Tunggal Ika- Bhineka Tunggal Ika artinya Berbeda - beda tetap satu Jua.- Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.- Tujuan dalam semboyan ini adalah mempersatukan bangsa Indonesia.4. Maksud Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika- 

Teridentifikasi Karakteristik masyarakat di DIY terkait Bhineka Tunggal Ika meliputi IPOLEKSOSBUD dan Agama- Teridentifikasi data kebijakan Pemerintah daerah yang mendukung Kebhinekaan Tunggal Ika.- Tersedianya data Primer kondisi pemahaman Kebhinekaan Tunggal Ika khususnya pada masyarakat DIY.- Tersedianya rumusan Strategi, Kebijakan, Program, dan Kegiatan dalam rangka meningkatkan Penghayatan dan Pengamalan Kebhinekaan Tunggal Ika bagi seluruh lapisan Masyarakat di DIY.- Menyatukan keberagaman komunitas masyarakat DIY kedalam wadah Keistimewaan DIY.* 

Tujuan Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika*- Menyusun Informasi detail tentang karakteristik dan pemahaman masyarakat di DIY tentang Kebhinekaan Tunggal Ika serta kebijakan daerah yang mendukung Kebhinekaan.- Menyusun rumusan Strategi, Kebijakan, Program, dan Kegiatan dalam rangka meningkatkan Penghayatan dan Pengamalan Kebhinekaan Tunggal Ika bagi seluruh lapisan Masyarakat di DIY.- Penanaman nilai - nilai Bhineka Tunggal Ika kepada masyarakat Yogyakarta melalui kegiatan Kebhineka Tunggal Ika.- Memelihara Persatuan dan Kesatuan antar warga Yogyakarta.- Menciptakan kondisi Yogyakarta berhati nyaman.

Kesimpulan- Perlunya dan segera menyusun Informasi detail tentang karakteristik dan pemahaman masyarakat di DIY tentang Kebhinekaan Tunggal Ika serta kebijakan daerah yang mendukung Kebhinekaan.- Perlunya dan segera menyusun rumusan Strategi, Kebijakan, Program, dan Kegiatan dalam rangka meningkatkan Penghayatan dan Pengamalan Kebhinekaan Tunggal Ika bagi seluruh lapisan Masyarakat di DIY.- Perlunya kegiatan ini bisa bejalan secara Kontinue penanaman nilai - nilai Bhineka Tunggal Ika kepada masyarakat Yogyakarta melalui kegiatan Kebhineka Tunggal Ika.- Tetap memelihara Persatuan dan Kesatuan antar warga Yogyakarta.- Menciptakan kondisi Yogyakarta berhati nyaman.
2021-03-17
Komandan Kodim

 

AKMIL

Secaba PK

Secata PK

PNS

Pendaftaran Online

 

  Link Terkait

 

 

Mabes TNI

Mabes AD

Kodam IV/Dip

Korem 072/Pmk

Kab. Bantul

Polres Bantul